Di Persimpangan Jalan

0
304

Dibutuhkan sebuah spirit yang kuat untuk sebuah perjuangan. Dibutuhan mental-mental baja untuk membuat sebuah gerakan yang berdaya guna bagi sesama. Kuncinya adalah konsistensi, bukan pada hal-hal yang besar tetapi justru konsistensi dan kesetiaan pada hal-hal yang sederhana.

Jadilah OMK yang bermental baja, bukan mental tempe gembus.. nontonnya dibawah ini ya..

Komisi Komunikasi Sosial Keuskupan Agung Semarang bersama Komunitas Seni Tjonthong Swarga mempersembahkan serial Sandiwara Radio Cahaya Imani Katolik.

Sebuah mimpi dalam Rencana Induk Keuskupan Agung Semarang 2016-2035 membentuk umat yang beriman, bermartabat, dan sejahtera.

Cahaya Imani Katolik kali ini dalam episode “Api Membara” seri pertama dengan judul “di persimpangan jalan”.

Naskah karya yswitopr. Dalam seri yang lalu diceritakan Kriwil yang pingsan dan dibawa di rumah sakit. Di sana, kriwil tidak segera ditangani oleh tim medis. Terjadilah ketegangan antara teman-teman Kriwil dan para perawat.  Apa yang kemudian dialami Kriwil? Selamat menikmati dan semoga rahmat dan berkat Tuhan Yesus Kristus selalu menaungi hidup anda dan seluruh keluarga Anda.

 

001 Ibu              : duhhh, le… ndang sadar to, le.. mengko nek ndang sadar…

002 Narator      : belum selesai ibu berbicara… dokter pun belum sampai..  tiba-tiba…

003 Kriwil          : Jo.. paijo (suara lirih).. aku nengendi iki? Mbok.. kok simbok ada di sini?

004 Paiijo          : horeeeeeeeeeeee.. kriwil wis sadar…

005 Ibu              : kowe neng rumah sakit iki, le..

006 Kriwil          : kok aku bisa di sini?

007 Teman 1     : kamu tadi itu tiba-tiba pingsan.. trus kami bawa ke sini… emang knapa tho Wil.. kok kamu bisa mendadak semaput ga pakai ngomong-ngomong…

008 Teman 2     : kamu itu ya lucu.. semaput kok pakai ngomong.. bukan semamput itu, tapi acting semaput namanya…

009 Kriwil          : aku juga ga tahu.. tiba-tiba mataku berkunang-kunang.. seperti ada banyak binta gitu.. trus gelap.. tahu-tahu udah disini… (suara perut keroncongan)… duh, perutku bunyi…

010 Paijo           : wkwkkwkwkwkwkw.. aku tahu knapa Kriwil pingsan?

011 Ibu              : Emang knapa, Jo?

012 Paijo           : kriwil itu bukan sakit.. teninnn… tapi, kriwil itu lapar… wkwkwkwkkw.. tadi ga sarapan ya Wil?

013 Kriwil          : iya, Jo.. mana sempat aku sarapan.. mandi aja enggak.. nih, bau kan badanku?

014 Ibu              : wis jiannnn.. malu-maluin aja kamu ini, le.. bikin repot banyak orang, gara-gara kamu bangun terlambat dan ga sarapan.. byuhhh… byuhhh…

015 semua        : hahahahahahhahahahaha…

016 Paijo           : ssstttt…. Aja seru-seru.. ini rumah sakit.. kasihan pasien lainnya..

016 Narator      : mereka pun menahan tawa mereka.. takut jika ada pasien yang terganggu oleh suara tawa…. (jeda sejenak) dan sore itu, di sekitar gereja paroki…

017 Kriwil          : (suara latihan koor) wah jiannn.. joss tenan yo dewe kie sik latihan… sesuk nek tugas njur piye jal?

018 Paijo           : hihihihi… latihan koor kok pating klenyit yo, Wil..

019 Dewi           : ayo teman-teman.. semangat latihannya.. betul kata mas Kriwil.. kalau kita loyo gini, gimana nanti pas tugas.. apa ga jadi bahan ketawaan.. semangat ya…

020 Paijo           : cieee.. cie…. Sesama pacar harus saling membela… hihihihihi

021 Kriwil          : lho yo gini yang OMK ga maju.. wayahe serius malah gojek.. wegyah aku nek carane gini..

022 Dewi           : mas… mbok ora nesu tho…

023 Kriwil          : ora nesu… gur wegah latihan             (suara makin menjauh)

024 Narator      :  Kriwil meninggalkan teman-temannya. Dewi pun segera menyusul

025 Dewi           : (sayup2 terdengar suara burung) ada apa to, mas? Ga biasanya mas kriwil cemberut kayak gitu.. mau cerita enggak sama aku? Aku siap ndengerin kok.. sapa tahu nanti aku bisa bantu…

026 Kriwil          : hmmm… lagi pusing aja.. tadi pagi aku semaput gara-gara kesusu sekolah trus ga sarapan.. sekarang.. latihan koor malah pating klenyit ra karuan..

027 Dewi           : Dewi kok ra yakin nek kui masalahmu, mas.. pasti ada masalah lain yang sedang dipikirkan.. aku kan wis apal sama mas… kalau punya masalah, kejadian apa pun pasti jadi salah semua..

028 Kriwil          : iya juga sih… aku lagi mikirin soal kepedulian pada orang yang tidak berdaya.. nek basa menterenge KLTD ngono kae.. rasane kok parokine dewe kie ora nduwe greget.. apameneh OMK… sik diuplek gur gadget ae..

029 Dewi           : timbang bingung, yukkk matur romo saja.. sapa tahu ada solusine… biasane jam segini ini, romo kan lagi ngrawat burung-burungnya..

030 Kriwil          : jane males ketemu romo.. ngko gur dikotbahi e.. tapi… yo wislah lah.. yukkk.. (suara kaki melangkah dan suara burung yang makin lama makin jelas)

031 Dewi           : mo… romo….

032 Romo          : ehhhh… ada kriwil sama dewi.. tumben dolan pasturan.. sarimbit meneh…

033 Dewi           : romo punya waktu sebentar ga.. ada yang perlu kami omongkan… tapi kalau romo masih sibuk ngurusin burung, gapapa sih.. kami masih bisa menunggu..

034 Romo          : santaiii.. untuk kalian berdua, selalu ada waktu.. arep kanonik, po? Hehhehehe

035 Kriwil          : wah jiannn.. kalau ini pelecehan namanya.. masak kanonik… sekolah aja belum selesai kok udah ke arah situ, mo..

036 Dewi           : kanonik itu apa tho mas? (kriwil dan romo pun langsung tertawa mendengar pertanyaan dewi)

037 Kriwil          : tuh kan.. kanonik aja belum ngerti… OMK sekarang emang payah kan, mo? (Dewi mencubit kriwil dan..) hyunggggg… sakit.. kenyataane kan gitu, dik.. kanonik itu penyelidikan yang diadakan sebelum perkawinan.. dik Dewi mau?

038 Romo          : tuh, wi.. pacarmu sing ngguanteng dewe wis nari.. sajake kok wis ngebet tenan pengen ndang nikah.. hahahhahahaaa.. kira-kira piye?

039 Dewi           : kok jadi itu sih.. masih kecil kok udah mikirin nikah.. masalahnya yang mau dibahas tadi kan bukan itu.. masalahnya kan bagaimana kita memberi hati dan peduli pada KLTD…

040 Romo          : walah, jadi lupa….. ya dah, yuukk duduk dulu biar enak njelasinnya.. sambil ngopi dan mendengarkan suara burung… itu namanya menikmati hidup… jadi gini, sebelum kita sampai pada soal hati dan peduli, kita harus menyadari terlebih dahulu soal martabat manusia yang sama. Setiap orang itu, martabatnya sama.. ora peduli wong mlarat opo wong sugih… martabatnya sama..

041 Kriwil          : kalau martabatnya sama, yang jadi pembedanya apa, mo?

042 Romo          : yang jadi pembedanya ya cuma kesempatan dan nasibnya saja.. yang satu punya kesempatan dan nasib baik.. jadilah kaya.. yang satu ga punya kesempatan dan ga bernasib baik, jadilah miskin.. nah, kalau kita sudah sadar soal kesamaan martabat, maka akan muncullah kesadaran untuk menghargai dan menjunjung tinggi martabat manusia. Yang kaya mengangkat yang miskin, yang kuat mengangkat yang lemah.. sik pinter mbantu sik bodo…

043 Dewi           : contoh konkretnya gimana, mo?

044 Romo          : contohnya ya kamu itu.. yang cantik mengangkat yang jelek.. hahahhaahahhaaa..

045 Kriwil          : wah jiannn… mulai lagi… sesama jelek dilarang saling mengejek lho…

046 Romo          : bukan mengejek, tapi fakta.. hihihihihi… oke.. oke.. saiki dilanjutke meneh.. ana tetembungan, urip kui kudu murup.. hidup harus menyala.. ada banyak contoh menjunjung tinggi martabat manusia.. misale memberi perhatian pada KLMTD…

047 Kriwil          : gimana bisa memberi perhatian kalau kami aja bukan orang kaya?

048 Romo          : pertanyaan bagus.. apik.. memberi perhatian tidak berarti nunggu kita kaya.. nek wis sugih gek isa mbantu.. bukan sing kayak gitu.. memberi sapaan pada KLTD pun salah satu bagian dari memberi perhatian.. aja dibayangke sik hebat-hebat.. diwiwiti saka perkara-perkara cilik.. kae ana, komunitas bocah-bocah enom sik ngumpulke anak-anak jalanan karo anak-anak kolong njur dha diajari maca lan nulis.. kui conto sing konkret… nah, iki isa dadi PR nggo OMK paroki.. bisa buat apa?

049 Narator      : Kriwil dan Dewi terdiam dengan pertanyaan yang menantang dari romo.. diam dalam pikiran masing-masing..

050 Kriwil          : nggih sampun, romo.. terima kasih pencerahannya.. nanti akan kami bicarakan dengan teman-teman…

051 Narator      :  sesudah itu…

052 Dewi           : mas, kalau OMK bisa membuat seperti yang dijelaskan romo tadi, pasti luar biasa ya. Sederhana banget lho.. ngumpulke anak-anak ga mampu trus diajari sinau… dari pada cuma nonton sinetron atau maen gadget, mending nglakui sesuatu yang berguna bagi sesama…

053 Kriwil          : sederhana ya sederhana.. tapi butuh konsistensi, mental baja.. ngerti dewe, kanc0-kancane dewe kie kayak tempe gembus e mentale.. ketoke hebat, ning mlenyek… diajak latihan koor ae pating plenyik..

054 Dewi           : bener juga yo, mas… tapi kalau gak berani mencoba, cemen juga dong.. di daerah kita ini kan ada banyak daerah-derah yang pinggiran gitu.. tapi, ga harus itu juga.. banyak hal lain.. bikin tim untuk menyapa dan mengunjungi orang jompo dan sakit juga bisa.. pasti kehadiran kita berguna untuk mereka… (diam sejenak) masssssss, aku semangat 45 cerita kok malah ngalamun sih?

055 Kriwil          : ehhh… gimana dik? Maaf… aku ga konsen dengan penjelasan dik dewi.. maaf…

056 Dewi           : huhhhh… njelehi…

057 Kriwil          : soalnya aku  malah kepikiran lain dik…

058 Dewi           : ketoke serius ki.. kepikiran apa, mas?

059 Kriwil          : (menarik nafas dalam) hmmm.. tapi rasanya berat untuk menyampaikan

060 Dewi           : apa sih, mas.. bikin penasaran saja mas ini…

061 Kriwil          : kalau kayak kita ini, rasanya kok masih setengah-setengah memberi hati untuk KLTD.. knapa ga dimaksimalkan sekalian ketukan hati itu..

062 Dewi           : maksudnya apa sih? Muter-muter.. malah bikin bingung..

063 Kriwil          : anu… duh piye yo sik arep ngomong…… gini lho, dik.. mas pengen maksimal, nggetih tenan memperhatikan KLMTD..

064 Dewi           : terus?

065 Kriwil          : nek aku masuk seminari trus jadi …

066 Narator      : kriwil tidak melanjutkan omongannya.. ada butiran air mata mengalir di pipi dewi…… bagaimana kisah selanjutnya? Apakah dewi bisa menerima keputusan kriwil? Nantikan seri selanjutnya…

Salam dari keluarga Komsos Keuskupan Agung Semarang “yang jauh jadi dekat, yang dekat makin akrab”

 

Seri I DISINI ya..  selamat menikmati … Tuhan memberkati…

SHARE
Previous articleHadir
Next articleSiaran Radio

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here